BLANTERVIO104

Tradisi yang dilakukan Selama 7 Hari Setelah Merayakan Lebaran 

Tradisi yang dilakukan Selama 7 Hari Setelah Merayakan Lebaran 
2024-04-11

ANSORGRATI: Setelah sebulan penuh berpuasa dan merayakan Idul Fitri, momen berharga ini biasanya diikuti oleh serangkaian kegiatan yang khas selama tujuh hari setelah Lebaran. Tujuh hari ini merupakan masa di mana keluarga dan teman-teman dapat terus merasakan kehangatan suasana Lebaran sambil kembali ke rutinitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan selama tujuh hari pasca-Lebaran: 

1. Berkumpul dengan Keluarga dan Kerabat

Setelah hari Lebaran, banyak keluarga yang belum sempat bertemu selama bulan Ramadan akan berkumpul untuk saling bertukar ucapan selamat Lebaran dan menikmati hidangan Lebaran bersama. 

2. Halal bi Halal dan Silaturrahmi

Kesempatan ini menjadi bentuk untuk bertemu dan bersilaturahmi. Pada umumnya saat berkunjung ke rumah keluarga merupakan budaya kita, yakni sungkeman atau menyalami orang-orang tersayang terutama orang yang lebih tua sebagai bentuk penghormatan dan saling memaafkan.  

3. Makan Makanan Khas Lebaran

Lebaran biasa identik dengan makanan khas lebaran. Makanan yang biasakan disajikan saat lebaran seperti ketupat atau lontong, opor ayam, lontong sayur, rendang, sate serta jajanan tradisional lainnya. 

4. Ziarah ke Makam

Salah satu tradisi yang penting adalah ziarah ke makam keluarga. Hal ini dilakukan sebagai ungkapan penghormatan dan doa untuk orang-orang yang telah meninggal. 

5. Menjenguk Tetangga dan Sahabat

Momen Lebaran juga menjadi kesempatan untuk menjenguk tetangga dan sahabat, saling bertukar cerita serta mempererat tali silaturahmi. 

6. Wisata dan Piknik

Seiring dengan suasana liburan, banyak keluarga yang memanfaatkan momen ini untuk mengunjungi tempat-tempat wisata atau mengadakan piknik bersama keluarga. 

7. Bersantai dan Beristirahat

Setelah sebulan penuh ibadah dan aktivitas, momen pasca-Lebaran juga menjadi waktu yang tepat untuk bersantai dan beristirahat sejenak sebelum kembali ke rutinitas sehari-hari. 

8. Foto bersama kekuarga, kerabat, dan Saudara

Jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama keluarga besar untuk di unggah ke sosial media. Dokumentasi kebersamaan bersama keluarga akan menjadi kenangan yang berharga di kemudian hari, jadi jangan sampai terlewatkan untuk di dokumentasikan ya.   

9. Membersihkan Rumah dari Dekorasi Lebaran

Dekorasi Lebaran yang menghiasi rumah selama bulan Ramadan dan Idul Fitri perlu segera dibersihkan setelah momen Lebaran berakhir. Ini adalah waktu yang tepat untuk membersihkan rumah dan kembali ke suasana biasa. 

10. Kembali ke Rutinitas

Pasca lebaran, biasanya orang-orang memulai kembali aktivitas pekerjaan, sekolah, dan rutinitas sehari-hari mereka. Momen ini menandai akhir dari liburan Lebaran dan awal dari kembali ke kehidupan normal. 

Momen pasca Lebaran adalah waktu yang berharga untuk melanjutkan hubungan dengan keluarga dan teman-teman, serta untuk bersiap kembali ke rutinitas sehari-hari dengan semangat yang baru. Meskipun momen Lebaran telah berlalu, semangat kebersamaan dan kebahagiaan tetap terus ada dalam hati setiap individu. 

Nah.. Itulah beberapa kegiatan yang biasa dilakukan ketika lebaran di Indonesia versi kami. Eitss.. namun yang terpenting saling memaafkan. Selamat berlebaran, mohon maaf lahir dan batin.

Share This Article :
Ansor Grati

Ansor dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama (NU) pada 10 Muharram 1353 H atau 24 April 1934. Berawal dari perbedaan antara tokoh tradisional dan tokoh modernis yang muncul di tubuh Nahdlatul Wathan, organisasi keagamaan yang bergerak di bidang pendidikan Islam, pembinaan mubaligh, dan pembinaan kader. KH Abdul Wahab Hasbullah, tokoh tradisional dan KH Mas Mansyur yang berhaluan modernis, akhirnya menempuh arus gerakan yang berbeda justru saat tengah tumbuhnya semangat untuk mendirikan organisasi kepemudaan Islam.

TAMBAHKAN KOMENTAR

7727397263311926612