BLANTERVIO104

Pacu Semangat Kader PMII di Harlah 64

Pacu Semangat Kader PMII di Harlah 64
2024-04-16

ANSORGRATI: Organisasi kemahasiswaan Islam yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama didirikan di Surabaya pada 17 April 1960 oleh Mahbub Djunaidi, M. Tholhah Mansoer, M. Laily Mansur, dan beberapa yang lain. 

Adalah PMII Singkatan dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia. Makna “Pergerakan” adalah dinamika dari hamba (makhluk) yang senantiasa bergerak menuju tujuan idealnya memberikan kontribusi positif pada alam sekitarnya. “Pergerakan” menuntut upaya sadar untuk membina dan mengembangkan potensi ketuhanan dan kemanusiaan agar gerak dinamika menuju tujuan tersebut selalu berada di dalam kualitas kekhalifahannya. Pengertian “Mahasiswa” adalah golongan generasi muda yang menuntut ilmu di perguruan tinggi yang mempunyai identitas dan citra diri sebagai insan religius, insan dinamis, insan sosial, dan insan mandiri. Dari identitas mahasiswa tersebut terpantul tanggung jawab keagamaan, intelektual, sosial kemasyarakatan, dan tanggung jawab individual, baik sebagai hamba Tuhan maupun sebagai warga bangsa dan negara. Terakhir, kata “Islam” yang disandang PMII adalah Islam sebagai agama yang dipahami dengan haluan/ paradigma Ahlussunah wal Jama'ah. 

Dilansir dari NuOnline tentang sejarah Sebelum pendirian PMII, telah ada usaha untuk mendirikan organisasi mahasiswa NU. Di antaranya, lkatan Mahasiswa Nahdlatul Ulama (IMANU) yang dipelopori oleh Wa’il Harits Sugianto (1955) di Jakarta dan KMNU (Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama) yang dipelopori Mustahal Ahmad (1956) di Surakarta. Namun, kedua organisasi ini bubar dan tidak berlanjut karena tidak direstui, bahkan ditentang oleh Pimpinan Pusat IPNU dan PBNU. IPNU baru saja berdiri dua tahun sebelumnya, 24 Februari 1954 di Semarang. IPNU khawatir keberadaan IMANU atau KMNU akan memperlemah eksistensi IPNU 

PMII memiliki lambang berbentuk perisai dengan warna kuning di bagian atas dan warna biru di bagian bawah. Bagian atas terdapat 5 bintang dengan warna putih, lalu di bagian bawah ada tulisan PMII di tengah-tengahnya, dan di bawahnya ada 4 bintang. Lambang yang diciptakan H. Said Budairy ini memiliki makna: dari segi bentuk, perisai berarti ketahanan dan keampuhan mahasiswa Islam terhadap berbagai tantangan dan pengaruh dari luar. 

Sebuah momentum yang hadir setahun sekali sebagai wujud apresiasi di usia ke 64 tahun merupakan usia yang cukup panjang dalam pengabdian pada negara, melalui media digital ansorgrati.or.id pada selasa, 16 April 2024 Ketua PAC Mis'at menyampaikan ucapan selamat atas milad PMII di tahun ini. 

"Semoga harlah ini menjadikan lebih maju dan memacu semangat para kader dan alumni PMII di seluruh Indonesia untuk menyongsong masa depan yang lebih baik, untukmu satu tanah airku, untukmu satu keyakinanku", ucapnya. (Ang)

Share This Article :
Ansor Grati

Ansor dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama (NU) pada 10 Muharram 1353 H atau 24 April 1934. Berawal dari perbedaan antara tokoh tradisional dan tokoh modernis yang muncul di tubuh Nahdlatul Wathan, organisasi keagamaan yang bergerak di bidang pendidikan Islam, pembinaan mubaligh, dan pembinaan kader. KH Abdul Wahab Hasbullah, tokoh tradisional dan KH Mas Mansyur yang berhaluan modernis, akhirnya menempuh arus gerakan yang berbeda justru saat tengah tumbuhnya semangat untuk mendirikan organisasi kepemudaan Islam.

TAMBAHKAN KOMENTAR

7727397263311926612