BLANTERVIO104

Monggo Berzakat Melalui UPZ MBM Kalipang Timur

Monggo Berzakat Melalui UPZ MBM Kalipang Timur
2024-04-05



ANSORGRATI: Sebagai sebuah lembaga yang bergerak di bidang pengumpulan zakat, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) juga memiliki peran penting untuk aksi kepedulian sesama manusia. Karena pada prinsipnya UPZ dibentuk untuk membantu masyarakat yang memiliki kendala terhadap finansialnya dan pemberdayaan masyarakat sekitar.

Dalam ajaran Islam, zakat merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang merupakan fondasi iman bagi umat Muslim. Zakat bukan hanya sekadar kewajiban keagamaan, tetapi juga merupakan manifestasi dari empati, solidaritas, dan tanggung jawab sosial umat Muslim terhadap sesama. Zakat memiliki makna yang mendalam dalam Islam.

Dalam rangka terus meningkatkan partisipasi dan pengelolaan zakat khususnya pada bulan Ramadan 1445 H ini, pengurus Masjid Baitul Mustaqim Dusun Tegalan I Desa Kalipang Kecamatan Grati mengadakan kegiatan Optimalisasi UPZ.

Kegiatan dilaksanakan pada hari selasa, (4/4/2024) usai pelaksanaan tarawih bertempat di kediaman ust Khoirul Anam, S.Pd,I Dusun Kalipang II. Acara diikuti sejumlah pemuka agama, remaja masjid (Remas), Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat setempat dari Dusun Tegalan I dan II Desa Kalipang.

Serangkaian kegiatan rapat tersebut dimulai dengan pembacaan do’a kepada para pejuang masjid Baitul Mustaqim hingga pemaparan maksud dan tujuan pada pertemuan tersebut.

Melalui sekertaris, Ilung memaparkan hasil dari rapat disampaikan kepada para peserta rapat tentang tata cara berzakat beserta hukum-hukum zakat.

“Pengumpulan zakat dari muzaki/munfik di mulai tanggal 27 Ramadhan sampai 29 Ramadhan 1445 H, untuk pendistribusiannya kepada Mustahiq akan dilaksanakan pada malam hari raya idul fitri, dan untuk para amil zakat diharapkan hadir semua pada malam itu untuk pendistribusian zakat,” papar Ilung. 

Kegiatan tersebut adalah merupakan agenda rutin setiap bulan ramadhan yang dilaksanakan di malam hari raya idul fitri yang memang sudah terencana. (encounk)


Share This Article :
Syamsul A

TAMBAHKAN KOMENTAR

7727397263311926612