BLANTERVIO104

Buka Bersama Berbagi Keberkahan & Tasyakuran Harlah Ansor ke 90

Buka Bersama Berbagi Keberkahan & Tasyakuran Harlah Ansor ke 90
2024-04-02

 

ANSORGRATI: Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Grati Kabupaten Pasuruan menggelar kegiatan silaturahim dalam acara buka puasa bersama, Selasa (02/04/24). Dengan tema Berbagi Keberkahan & Tasyakuran dalam Rangka Harlah Ansor ke 90.

Di ikuti oleh jajaran pengurus PAC Ansor, Satkoryon Banser Grati, Pengurus beserta anggota ranting se Kecamatan Grati, Jajaran Pengurus MWCNU, PAC Fatayat, IPPNU, PAC Pagarnusa, Camat Grati, dan H. Munawir Abdul Salam, S.E.

Memadati ruangan kantor MWCNU Grati, kegiatan buka bersama di awali dengan Tahlil dan do’a bersama sebagai bentuk amaliyah Nahdlatul Ulama dipimpin langsung oleh Kasatkoryon Banser PAC GP Ansor Grati, Misbahul Munir, S.Pd.I., dilanjut dengan sarasehan sembari menunggu waktu buka puasa.

Mengisi sambutannya dalam sarasehan, Ketua PAC GP Ansor Grati, Mis’at, S.Pd., menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk terus mempererat hubungan baik yang selama ini terjalin di setiap kader GP Ansor, dengan Banom NU seperti Fatayat, IPPNU, terlebih dengan MWCNU Grati. Ia juga menyampaikan rasa Syukur dan maksud dari acara buka bersama sore itu.

“Syukur Alhamdulillah kami sampaikan kepada Sahabat-sahabat Ansor dan Banser, tamu undangan, Jajaran Pengurus MWCNU Grati, Fatayat, IPPNU, Pagarnusa. Buka bersama ini bertujuan untuk terus mempererat hubungan baik yang selama ini terjalin di setiap kader GP Ansor Grati, jalinan baik dengan banom NU lainnya di Grati dan Lembaga-lembaga dibawah Nahdlatul Ulama di Grati, sekaligus acara buka bersama ini adalah sebuah syukuran momentum peringatan Harlah GP Ansor yang ke 90 pada tahun ini.” Ungkap Mis’at.

Sementara itu, M. Sahla salah satu pengurus MWCNU Grati sekaligus Jajaran Satkorcab Banser Kabupaten Pasuruan dalam sambutannya, menjelaskan Panjang lebar tentang berorganisasi dan berkhidmat di Nahdlatul Ulama melalui GP Ansor. Ia menjelaskan bahwa dalam berorganisasi itu tidak memandang kasta maupun golongan.

“Dalam berorganisasi tidak memandang anaknya siapa, dari golongan keluarga apa dan lain sebagainya, tetapi dalam organisasi itu yang di lihat aktivitasnya. Dalam perjalanan saya berorganisasi di Ansor, di MWCNU Grati, hingga saat ini masuk di jajaran pengurus Satkorcab Banser Kabupaten Pasuruan tidak serta merta hanya diam, melainkan aktif dalam berkhidmat saya ke NU hingga mengantarkan saya masuk di kepenguruan Satkorcab Banser Kabupaten Pasuruan.” Jelasnya.

Ia menambahkan program-program yang dijalankan oleh PC GP Ansor Kabupaten Pasuruan di bulan Ramadhan hingga berpuncak di Lebaran, yang melibatkan semua pengurus maupun anggota PAC atau ranting se Kabupaten Pasuruan dalam bentuk perlobaan diantaranya Lomba Video kreativ patrol sahur dan Posko mudik lebaran 2024.

“Dan perlu diketahui sahabat-sahabat sekalian bahwa di PC Ansor kabupaten pasuruan pada bulan ramadhan hingga lebaran nanti akan menyelenggarkan kegiatan yang sifatnya lomba, diantaranya lomba patrol dengan atribut banser yang divideokan kemudian posko mudik lebaran 2024, saya harap Grati juga mengikuti lomba tersebut.” lanjutnya menutup sambutan pada sarasehan.


Pada kesempatannya Camat Grati, Muhammad Hilmi, S,Pd., M.Pd juga memberikan sejumlah apresiasi kepada Ansor dan Banser di Grati. Ia menyampaikan kebanggaannya kepada Ansor atas bentuk kemaslahatannya yang peduli kepada sesama dalam menanggapi bencana di wilayah grati sebelum Ramadhan kemarin.

“Saya bangga kepada teman-teman GP Ansor karena telah berperan dan turut serta mengambil bagian dalam kemaslahatan, kemajuan masyarakat grati khususnya, seperti halnya bencana banjir yang melanda desa kedawung wetan dan kulon akhir-akhir kemarin, peran ansor disitu sangat berdampak bagi warga yang membutuhkan.” Jelasnya.

“Kami selaku pemerintahan tingkat kecamatan dan PKK juga turut serta langsung turun kepada warga sekitar yang terdampak, saya juga menaiki perahu keliling untuk mengetahui bagaimana kondisi warga saya.” Lanjut camat.

Memilih untuk hadir diacara buka bersama dengan Ansor Grati dan meninggalkan acara yang sudah terjadwal. Ia menyampaikan beberapa agenda di bulan ramadhan yang nantinya akan melibatkan Ansor dan Banser dalam agenda tersebut.

“Saya sebenarnya hari ini juga ada cara di nguling, tapi saya memilih hadir disini karena memang saya ingin, dan kebetulan juga setelah ini mau ada kegiatan safari ramadhan dari bapak PJ Bupati Pasuruan, sebenarnya dalam acara tersebut nantinya saya mau melibatkan teman-teman ansor.” 

Menutup sambutannya Camat Hilmi menyampaikan harapan untuk kemajuaan dalam segala aspek yang ada di Kecamatan Grati yang bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat Grati.

“Harapan saya kedepan seperti halnya yang disampaikan H. Munawir Caleg DPRD Kab Pasuruan Terpilih tadi semoga nanntinya Ansor lebih bisa berkembang dalam segala aspek, terutama kemandirian organisiasi, barangkali nanti mungkin ada program-program yang sifatnya bisa membantu menggerakkan kemandirian organisasi bisa kita formulasikan bersama. Karena kemajuan ini nantinya akan berdampak kepada kemajuan wilayah juga, khususnya kecamatan grati, saya suka apabila ada investor-investor yang datang yang memang sifatnya nanti untuk memberikan dampak kepada masyarakat, terutama memajukan wilayah, seperti halnya yang ada sekarang perumahan-perumahan yang sudah mulai dibangun itu nanti akan sangat berdampak untuk kemajuan wilayah kita, meskipun nanti yang beli dari luar grati.” Tutup camat Grati. (Red)


Pewarta: M. Bahauddin

Editor: Angga

Share This Article :
Ansor Grati

Ansor dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama (NU) pada 10 Muharram 1353 H atau 24 April 1934. Berawal dari perbedaan antara tokoh tradisional dan tokoh modernis yang muncul di tubuh Nahdlatul Wathan, organisasi keagamaan yang bergerak di bidang pendidikan Islam, pembinaan mubaligh, dan pembinaan kader. KH Abdul Wahab Hasbullah, tokoh tradisional dan KH Mas Mansyur yang berhaluan modernis, akhirnya menempuh arus gerakan yang berbeda justru saat tengah tumbuhnya semangat untuk mendirikan organisasi kepemudaan Islam.

TAMBAHKAN KOMENTAR

7727397263311926612