BLANTERVIO104

Teruskan Estafet Kepemimpinan Ansor Plososari, Bahauddin Maju Gantikan Nuris

Teruskan Estafet Kepemimpinan Ansor Plososari, Bahauddin Maju Gantikan Nuris
2024-03-25

ANSORGRATI: Tiba dipenghujung proses Rapat Anggota Ranting yang di selenggarakan oleh seluruh Ranting di Kecamatan Grati. 

Bertempat di Pendopo Plososari, Minggu (24/3/2024) malam usai Taraweh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Grati terjun kelokasi untuk memimpin jalannya rapat anggota ranting. 

Pada pelaksanaannya, kegiatan di bagi menjadi beberapa sesi, diantaranya pembukaan, sambutan-sambutan, proses sidang pleno untuk menentukan ketua baru di masa khidmat 2024-2026, hingga proses pembai'atan. 

Hadir pada malam itu, Kepala Desa Plosossari beserta beberapa pemerintah desa setempat, Ketua NU Ranting Plososari, Ketua dan Pengurus PAC Ansor Grati yang bertindak sebagai nahkoda sidang, anggota Ansor Plososari, dan segenap undangan dari banom Nahdlatul Ulama Ranting Plososari. 

Membuka acara, selaku tuan rumah Akhmad Nuris Shibyan, Ketua Ranting GP Ansor Plososari menyampaikan apresiasinya kepada pengurus dan anggota ranting atas kontribusi yang telah diberikan kepada Ansor selama periode masa khidmat 2022-2024. 

"Saya mengapresiasi kepada semua Anggota dan pengurus ranting plososari tanpa kontribusi sahabat-sahabat semua ansor diplososrasi tidak akan berjalan sampai detik ini, itulah sebagai bentuk khidmat kita di Nahdhatul Ulama, di GP Ansor", jelas Nuris. 

Menutup sambutannya pria berkacamata tersebut merendah atas apa yang ia laksanakan selama periode masa khidmatnya, hingga menyatakan secara tegas dihadaptan hadirin bahwa pada malam itu secara sah mendemisionerkan diri dari ketua dan pengurus Ansor Plososari. 

"Terimakasih sahabat-sahabat semua yang telah mempercayai saya sebagai ketua di periode 2022 hingga 2024, tanpa panjenengan semua saya bukanlah apa-apa dan pada malam ini dalam rapat anggota ranting, saya menyatakan demisioner, semoga ketua baru untuk masa khidmat 2024-2026 lebih berkhidmat di NU melalui Ansor, sekian terimakasih," tutupnya. 

Diketahui bahwa Gerakan Pemuda Ansor bukan sebuah organisasi kemarin yang dibuat hanya dengan berucap kemudian diresmikan, melainkan kelahirannya Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) diwarnai oleh semangat perjuangan, nasionalisme, pembebasan, dan epos kepahlawanan. GP Ansor terlahir dalam suasana keterpaduan antara kepeloporan pemuda pasca-Sumpah Pemuda, semangat kebangsaan, kerakyatan, dan sekaligus spirit keagamaan. Karenanya, kisah Laskar Hizbullah, Barisan Kepanduan Ansor, dan Banser (Barisan Serbaguna) sebagai bentuk perjuangan Ansor nyaris melegenda. Terutama, saat perjuangan fisik melawan penjajahan dan penumpasan G 30 S/PKI, peran Ansor sangat menonjol. Hingga Kh Hasyim As'ary muassis Nahdlatul Ulama menjamin dan mendoakan kepada para pemuda atau siapa saja yang mengurusi NU akan diangakat sebagai santri dan di do'akan semoga husnul khotimah, hal itulah yang disampaikan Ketua PAC GP Ansor Grati dalam sambutannya. 

"Mengutip dari Kh Hasyim Asyari Muassis Nahdlatul Ulama, Barang siapa yang mengurusi NU akan saya anggap sebagai santriku, dan siapa saja yang menjadi santriku aku do'akan semoga ia husnul khotimah keluarga dan anak cucunya, Amiinn". Tegas Mis'at menjelaskan. 


Baca Juga: Sejarah Gerakan Pemuda Ansor


Diketahui bahwa Ansor adalah organisasi kepemudaan terbesar di Indonesia, tak hayal jika keberadaan Ansor pastilah memiliki peran penting atas kemerdekaan indonesia, dari hal tersebut ia menjelaksan dalam diri Pemuda Ansor pastilah tertanam jiwa nasionalis dan religius.

Menutup rangkaian sambutan, ketua NU Ranting Plososari, H. Nur Hasan pun ikut memberikan motivasi kepada anggota dan pengurus Ansor agar lebih berkhidmat lagi terlebih kepada ketua dan jajaran pengurus yang akan terpilih dipelaksanaan reformasi pengurus malam itu.

"Saya selaku ketua NU Ranting Plososasi berharap mudah-mudahan di pertemuan malam hari ini Ansor diplososari bisa menambah kemaslahatan, seandainya malam hari ini ada pergantian ketua saya harap pemimpin berikutnya bisa mencontoh kepengurusan yang lalu," tutup Ketua NU ranting. 

Hingga prosesi pemilihan ketua dan pengurus Ansor Ranting Plososari berjalan didapati Sahabat M. Bahauddin secara sah sesuai hasil voting ditetapkan sebagai penerus estafet tongkat kepemimpinan GP Ansor Plososari untuk masa khidmat 2024-2026 menggantikan Sahabat Nuris.



Share This Article :
Ansor Grati

Ansor dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama (NU) pada 10 Muharram 1353 H atau 24 April 1934. Berawal dari perbedaan antara tokoh tradisional dan tokoh modernis yang muncul di tubuh Nahdlatul Wathan, organisasi keagamaan yang bergerak di bidang pendidikan Islam, pembinaan mubaligh, dan pembinaan kader. KH Abdul Wahab Hasbullah, tokoh tradisional dan KH Mas Mansyur yang berhaluan modernis, akhirnya menempuh arus gerakan yang berbeda justru saat tengah tumbuhnya semangat untuk mendirikan organisasi kepemudaan Islam.

TAMBAHKAN KOMENTAR

7727397263311926612