BLANTERVIO104

Sahabat Ketua: Poin-poin Penting untuk Ansor-Banser se Grati

Sahabat Ketua: Poin-poin Penting untuk Ansor-Banser se Grati
2023-01-27

ANSORGRATI: Kamis, 27/01/2023 bertempat dimasjid Kalijogo Desa Sumberdawesari, pengurus dan anggota Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Grati beserta pengurus dari ranting sewilayah kerja PAC GP Ansor Grati adakan pertemuan untuk membahas pemberangkatan menuju Gor Delta Sidoarjo dalam rangka memeriahkan perhelatan akbar satu abad Nahdhatul Ulama, 7 Februari 2023 mendatang. 

Dihadiri oleh Jajaran Pengurus PAC Ansor Grati, dan sekitar 40 an anggota Ansor dan Banser se PAC Grati, Muhammad Arif, selaku Kasatma Banser Grati, membawai kelangsungan acara tersebut serta menyampaikan beberapa poin pembahasan tentang kegiatan rutinan Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor (RA) untuk kedepannya, penugasan pewarta atau kontributor ditiap ranting untuk menunjang kelancaran berita di website PAC, pelatihan koreografi banser untuk mengisi acara satu Abad NU, serta teknis pemberangkatan menuju ke Sidoarjo, tempat pelaksanaan Harlah satu abad NU.

Membuka pembahasan dalam sambutannya Ketua PAC GP Ansor Grati, Mis'at, sampaikan tentang teknis pemberangkatan menuju acara peringatan satu abad NU di Sidoarjo, mendatang.

"Sahabat sahabat Ansor dan Banser yang akan ke Sidoarjo nanti, Saya menyarankan untuk berangkat kesana menggunakan motor saja, karena lebih mudah dan lebih cepat" tuturnya.

"Sahabat Banser berangkatnya siang sekitar pukul 13.00 wib, tanggal 6 Februari 2023, karena nanti pada tanggal tersebut akan ada geladi bersih koreografi di Gor Delta Sidoarjo, untuk yang rumahnya diwilayah Grati timur, selatan dan tengah, titik kumpulnya diarea Alun-alun Grati, sedangkan untuk sahabat Banser yang rumahnya diwilayah Grati Barat, bisa menunggu di sekitar pasar Ngopak, nanti kita berangkat bareng menuju titik kumpul di Masjid Gusdur Raci, untuk pawai motor, bersama seluruh banser se wilayah kerja Pengurus Cabang (PC) Ansor Kabupaten Pasuruan menuju ke Sidoarjo", sambung Mis'at.

Berbeda dengan anggota Ansor yang tidak ikut Koreografi waktu pemberangkatannya pun juga disarankan menggunakan motor, tetapi dengan waktu yang tidak sama dengan banser. "Berbeda dengan anggota Banser yang berangkatnya siang, karena disana akana ada latihan dan gladi beraih, sedangkan Ansor nanti hanya sebagai tim euforia saja, jadi untuk anggota Ansor nanti berangkatnya malam saja, kumpul di alun-alun Grati, kemudian langsung menuju Sidoarjo", pungkasnya dalam pembahasan teknis pemberangkatan Ansor-Banser ke Sidoarjo oleh Ketua PAC.

Mengenai MDS RA yang juga menjadi pembahasan malam itu, Sahabat Ketua PAC Ansor Grati, Mis'at dalam sambutannya menyampaikan adanya Dirosah Ula atau awal kaderisasi yang akan diselenggarakan oleh PC Rijalul Ansor Kabupaten Pasuruan.

"Untuk ketua Ranting yang hadir, saya harap untuk mendata dan menyetorkan siapa saja anggota ranting yang siap ikut Dirosah Ula yang akan diselenggarakan oleh PC Rijalul Ansor Kabupaten Pasuruan, Insyaallah dilaksanakan tanggal 11 s/d 13 Februari 2023 nanti", ujarnya

Menyampaikan beberapa kegiatan rutin yang sudah dijalankan oleh Pengurus PAC Rijalul Ansor, Mis'at, sampaikan program baru yang akan dijalankan satu bulan sekali.

"Terkait kegiatan Rijalul Ansor PAC yang satu bulan sekali, itu nanti rencananya ya, setelah hari raya nanti ditambah dengan kegiatan kajian kitab Mbah Hasyim Asy'ari, Insyaallah diisi oleh Gus Nasrulloh dari Kalipang," ujarnya.

Poin ketiga yang disampaikan ketua Ansor Grati tentang pengembangan media online yang dimiliki oleh PAC Ansor Grati, Mis'at menghimbau kepada ketua ranting untuk menunjuk 1 anggotanya menjadi pewarta atau kontributor berita.

"Pembahasan selanjutnya, setelah diskusi kecil-kecilan bersama tim cyber PAC, tentang pengembangan media online, saya harap ketua ranting juga menugaskan satu anggota nya untuk siap menjadi kontributor ditiap rantingnya sekaligus untuk dijadikan pengelola media sosial rantingnya," pungkas ketua.

Instruktur foto atas: Sahabat Ikhya' (kanan), sahabat Bakri (kaos merah)

Hingga pertemuan tersebut diakhiri, semua anggota Ansor-Banser diarahkan untuk latihan bersama gerakan koreografi dihalaman masjid Kalijogo. (Ang)


Proses latihan Koreografi Banser Grati






Share This Article :
Ansor Grati

Ansor dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama (NU) pada 10 Muharram 1353 H atau 24 April 1934. Berawal dari perbedaan antara tokoh tradisional dan tokoh modernis yang muncul di tubuh Nahdlatul Wathan, organisasi keagamaan yang bergerak di bidang pendidikan Islam, pembinaan mubaligh, dan pembinaan kader. KH Abdul Wahab Hasbullah, tokoh tradisional dan KH Mas Mansyur yang berhaluan modernis, akhirnya menempuh arus gerakan yang berbeda justru saat tengah tumbuhnya semangat untuk mendirikan organisasi kepemudaan Islam.

TAMBAHKAN KOMENTAR

7727397263311926612